• info@xspace.co.id
  • (021)82582400
News Photo

Apa itu Digital Signage



Digital signage atau yang umum di kenal dengan iklan atau display digital banyak digunakan dan dibutuhkan client untuk mengenalkan produk, jasa dan perusahaan.

Display digital ini lebih umum kita lihat di tempat-tempat keramain seperti bandara, pelabuhan penyebrangan , pusat-pusat perbelanjaan dan dijalan umum yang mana tempat orang banyak berkumpul atau tempat-tempat strategis lainnya.


Digital signage dikenal dengan pembiayaan yang sangat besar dan mahal, serta invrastruktur yang cukup memadai, mulai dari Minitor, server, catv , jaringan, tempat pemasangan serta biaya-biaya lainnya yang sangat menguras biaya. Diera perubahan zaman dan digitalisasi ini, kini progres dan pembutan tersebut menjadi lebih ringan dan mudah, ditambah, banyaknya perangkat pendukung dan multi fungsi yang dapat di implemetasikan dalam dispaly digital ini.

Misalnya saja seperti :

- Kehadiran Raspberry

- Module Andorid sdk

- Module android box

- Module Arduino

- Module HTML5

- Module Boostrab

- IP TV

- serta dukungan Internet yang sudah memadai

Kini semua bisa dengan mudah dibangun dengan sumber daya yang telah tersedia, dan dapat dibangun oleh programmer baru sekalipun, karena dukungan-dukungan module tersebut beberapa didapatkan dengan lisensi open source atau sekalipun berbayar nilainya sangat terjangkau.

Bagaimana cara implementasi dipasaran ?

Tak perlu di ragukan lagi, dukungan framework yang umum digunakan oleh programmer sangat cukup memadai untuk membangun system ini, mulai dari UI atau templating, user role, kategori display, dan penerepan item-item sesudai dengan penempatan atau display yang di inginkan.

Katakan saja kita ingin menampilkan seperti , Video, foto slider, TV live, Running Text, Youtube channel, Kurs mata asing, Informasi terkini, rssfeed, atau hal lain sesuai kebutuhan user.

User dengan mudah dapat merubah semua nilai atau status pada role masing-masing untuk menyesuaikan dengan kebutuhan customer (jika dilakukan pola saas). Akan tetapi jika pada penerapan offline atau internal, akan lebih mudah serta hasil yang lebih maximum tentunya, karena jarak dan dukungan bandwith lokal yang memadai.

Dimana digital signage sering di implementasikan ?

- Perkantoran

    Perkantoran adalah prospek strategis dan memiliki cakupan yang sangat tinggi, selain kantor yang berskala besar, maupun berskala kecil, sangat membutuhkan digital signage. Seperti ruang Front office, ruang meeting, dan CEO serta display di ruang-ruang lainnya 

- Toko atau merchant-merchant

    Toko atau merchant menjadi pasar tersendiri, selain banyak yang memberikan secara cuma-cuman oleh produsen atau provider tertentu, banyak juga pemilik membutuhkan hal ini untuk mengenalkan dan memasarkan produk dan jasa mereka.

- Ruang Umum ( Bandara, Pelabuhan, Stasiun , Hotel, Resort, Gedung Central, Hall)

    Skala premium ini umumnya memilki standard tersendiri, akan tetapi lebih kepada hardware yang digunakan pada implementasi lapangan, meski peranti pendukung untuk hal ini sudah banyak tersedia seperti ( LCD,LED) berbagai merek internasional maupun lokal, akan tetapi secara sytem tidak ada perubahan yang berarti untuk pembangunan atau pembuatan CMS-nya. Tentukan di level premium ini banyak data dari pihak ketiga yang harus kita buat API atau bersumber dari Provider yang sudah menyediakan-nya sebelumnya

- Rumah Sakit 

    Skala umum, karena scope ini tidak berbeda jauh dengan pola perkantoran, tentu tidak ada yang berbeda secara penerapan dan pembangunan system dan penerapan

Ukuran display apa saja yang dapat diimplementasikan dalam sistem ini ?

    Secara umum tidak ada penentuan screen,brand ataupun size monitor dalam hal sistem ini, akan tetapi dukungan pixel dari hardware akan menentukan hasil yang tampak atau terlihat di mata konsumen, Hal itupun telah terjawab dengan kehadiran monitor di platform NTSC atau LCD dan LED yang sudah mendukung resolusi 1024 x 800 bahkan perangkat-perangkat terkini telah di bekali dukungan 4K untuk hasil yang lebih maximum. Itu artinya untuk display tak perlu lagi diragukan dalam performa ini.

    Kembali ke penerapan letak atau layout, seperti dukungan boostrab dan Html5 serta responsive layout, menjadi nilai tersendiri yang dapat membantu mengatasi hal ini, karena secara dinamis atau statis kita dapat menentukan posisi dan penempatan pada layout, baik secara vertikal ataupun horizontal. semua dengan mudah kita terapkan.

Mari berkarya dengan dukungan - dukungan yang lebih mudah untuk hasil yang lebih baik serta menjadi sumber usaha dan pendapatan baru dalam digital sistem ini.


Jika anda tertarik dengan digital signage buatan kami, atau sekedar membutuhkan CMS system-nya baik pola saas atu hsoting sendiri, anda dapat menghubungi kami menjadi rekan bisnis anda didunia iklan ataupun digital signage.

Kami dapat memberikan dukungan 

 - CMS

- Backend

 - Androd Display

 - Android backend

Share This News

Komentar

Xspace - Software Developt | IT Konsultan Indonesia